Kamis, 12 Desember 2013

Saidina; Jangan Sampai Musnah Oleh Pengaruh Budaya Asing



PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalteng Saidina Aliansyah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekretaris Disbudpar Kalteng Elis Diangdara pada sosialisasi Galeri Nasional Indonseia, di betang Mandala Wisata, Jumat (18/10) mengatakan, nilai budaya dan keperibadian masyarakat Indonesia melalui apresiasi seni perlu dijunjung tinggi dan dipertahankan “jangan sampai musnah atau pudar oleh pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya bangsa,” tegasnya.
Oleh sebab itu, segala warisan lama baik berupa adat istiadat, sejarah, dan seni budaya daerah perlu dilestarikan dan dikembangkan atau disebarluaskan agar dapat dihayati oleh masyarakat Indonesia bahkan mancanegara.
Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa Provinsi Kalteng mempunyai perhatian yang cukup besar terhadap para pemerhati seni dan para seniman agar dapat mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai seni dan budaya sebagai bagian integral dari kebudayaan nasional.
Bahkan tujuan dilaksanakanya Sosialisasi Galeri Nasional Indonesia ini untuk menumbuhkan kreativitas dan apresiasi serta aktualisasi dunia seni rupa diberbagai daerah, baik oleh para seniman dan budayawan untuk melestarikan seni budaya dan mengamalkan nilai budaya bangsa yang luhur dan beradap dengan diperkaya oleh seni budaya daerah serta menyerap budaya asing yang positif untuk memperkaya khasanah seni dan budaya bangsa.
Namun, penyelenggaraan sosialisasi Geleri Nasional Indonesia ini membutuhkan peran serta pemerintah, masyarakat, seniman, dan budayawan dalam menjunjung pengembangan kebudayaan dan pariwisata di Indonesia. Sehingga, kegiatan ini perlu disambut dengan baik, mengingat upaya pengembangan pariwisata dan seni budaya ini tidak hanya tugas pemerintahan, namun tugas bersama, ujarnya.
Sehingga dengan dilaksanakanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas, apresiasi, dan aktualisasi dunia seni rupa diberbagai daerah, lanjutnya.
Dalam kesempatan itu Kepala Galeri Nasional Indonesia Tubagus Sukmana mengatakan kegiatan semacam ini terus pihaknya laksanakan di berbagai provini di Indonesia ini. Tidak hanya itu, pihaknya juga melakukan pameran keliling ke berbagai provinsi untuk memamerkan berbagai koleksi yang dimiliki oleh Galeri Nasional Indonesia.
Hal tersebut pihaknya lakukan dalam rangka mengapresiasi dan memperkenalkan berbagai karia seni anak bangsa dan termasuk seniman luar negeri yang memiliki nilai sejara, berperstasi, dan bernilai, sehingga diharapkan agar masyarakat luas dapat mengetahui berbagai karia seni tersebut.
Tidak hanya itu, pameran tersebut diharapkan dapat memberikan edukasi, menumbuhak kreativitas, mengingat lukisan tersebut mengandung sebuah makna, cerita kehidupan suatu daerah, dan nilai-nilai lainnya. Namun, tidak kalah pentingnya, juga diharapkan dapat menumbukan atau mengembangkan bakat bagi para generasi muda.   
Untuk itu pihaknya setiap tahunnya selalu melakukan pameran keliling untuk mempromosikan berbagai koleksi yang ada di Galeri Nasional Indonesia tersebut, bahkan pameran tersebut tidak hanya di dalam Negeri saja, namun juga ke beberapa Negara lainnya, dengan harapan agar berbagai karya anak bangsa juga dapat dikenal oleh banyak kalangan.
Selain itu, pihaknya juga melakukan berbagai kegiatan lainnya dalam rangka mengapresasi karia seni para anak bangsa, menumbuh kembangkan nilai seni, kretivitas, serta untuk merawat dan memelihara dari berbagai koleksi tersebut, ujarnya.dkw