Kamis, 12 Desember 2013

2014 Semua UPT PPD Miliki Mobil Samsat


PALANGKA RAYA – Keberadaan mobil Samsat keliling dinilai sangat penting dalam memaksimalkan Pendapatan Daerah khusunya dari sektor pajak kendaraan bermotor (PKB). Sehingga pengadaan mobil Samsat keliling terus di programkan dan diharapkan pada akhir 2014 mendatang semua Unit Pelaksanaan Teknis Pelayanan Pendapatan Daerah (UPT PPD) sudah memiliki mobil Samsat keliling.
Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalteng, Jaya Saputra Silam, saat ditemui di ruang kerjanya, baru-baru ini kepada Tabengan mengatakan, untuk memaksimalkan pendapatan daerah khusunya dari sektor PKB, maka pada 2014 pihaknya memprogramkan agar semua UPT PPD itu mempunyai kendaraan Samsat keliling.
Sementara saat ini, mobil Samsat keliling tersebut baru ada dua buah, sehingga untuk melayani di kabupaten itu dinilai kurang maksimal, mengingat di satu kabupaten pihaknya hanya bisa melakukan pelayanan sekitar 3-4 hari saja.
Disisi lain, dengan mobil Samsat keliling dengan ukuran yang cukup besar seperti saat ini dinilai tidak bisa menjangkau sapai ke daerah-daerah pelosok “padahal banyak potensi kita yang ada di pelosok itu,” ujar Jaya.
Untuk itu pihaknya akan terus memprogramkan pengadaan mobil Samsat keliling, sehingga pada angaran perubahan ini ada sekitar empat unit dan pada APBD 2014 mendatang akan dilakukan pengadaan sekitar delapan unit lagi “untuk tahun ini pengadaan empat unit, namun mobilnya saja. Sementara untuk pengadaan software dan hardware  hanya untuk satu unit saja,” ujarnya.
Mengingat pengadaan mobil Samsat keliling termasuk perangkat software dan hardwarenya tersebut dilakukan secara bertahap sesuai dengan dukungan dana yang ada.
Namun pihaknya sangat berharap untuk pengadaan mobil Samsat Keliling ini mendapatkan dukungan. Bahkan pihaknya berharap di triwulan I dan II 2014 mendatang sudah ada realisasinya, sehingga di triwulan II, mobil Samsat keliling tersebut sudah bisa diserahkan.
Sementara angaran untuk pengadaan mobil samsat keliling tersebut murni dari APBD Provinsi Kalteng “karena ini untuk kelancaran dan kelangsungan fungsi UPT PPD,” ujar Jaya.
Untuk itu, pihaknya berharap agar pengadaan Mobil samsat keliling ini mendapatkan dukungan bahkan dapat diprioritaskan, mengingat keberadaannya merupakan salah satu upaya untuk memaksimalkan Pendapatan Daerah khusunya dari PKB.
Mengingat dari mobil Samsat yang ada saat ini saja sudah menunjukan hasil yang positif dan cukup maksimal. Ini dapat terlihat bahwa penerimaan PKB sampai Oktober saja sudah mencapai 93,63 persen, sehingga pada akhir tahun 2013 mendatang diperkirakan bisa mencapai 100-120 persen, sehingga keberadaan mobil Samsat keliling memang diperlukan, ujarnya. dkw