Kamis, 12 Desember 2013

Budaya Kalteng akan Meriahkan Bazaar WIC Jakarta

PALANGKA RAYA – Budaya dan kesenian Kalteng akan memeriahkan kegiatan bazaar amal ke 46 Women’s International Club (WIC) Jakarta 2013 yang mengangkat tema “Kalimantan Tengah”. Kegiatan tersebut akan dihadiri pewakilan dari 120 negara dan dibuka langsung oleh ibu Hj Ani Bambang Yudhoyono.  
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Saidina Aliansayah, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (25/11), kepada Tabengan mengatakan, Kalteng menjadi sponsor pada kegiatan bazaar amal ke 46 Women’s International Club (WJC) Jakarta 2013 tersebut, sehingga semuanya bernuansa Kalteng.
Bahkan pakayan yang akan digunakan oleh panitia dan ibu Presiden pada kegiatan tersebut akan menggunakan benang bintik asal Kalteng. Dengan seperti itu, maka batik asalk Kalteng dipromosikan kepada masyarakat luas.
Selain itu, sebelum memasuki ruangan peresmian Bazaar Amal Women’s International Club Jakarta ke 46, kedatangan ibu Hj Ani Bambang Yudhoyono juga disambut dengan upacara adat Kalteng, seperti tarian selamat datang dan juga menarik salendang, mengingat potong pantan dinilai tidak dimungkinkan untuk dilakukan, ujar Saidina.
Setelah prosesi penyambutan tersebut, ibu Hj Ani Bambang Yudhoyono dan para peserta yang hadir pada kegiatan pembukaan bazaar amal Women’s International Club Jakarta yang ke 46 tersebut juga disuguhak dengan tarian tradisional asal Kalteng yaitu tarian Bawi Kuwu.
Dari berbagai penampilan tersebut, ujar Saidina, sudah diklaborasikan dengan berbagai seni dan budaya yang lainnya, sehingga dengan waktu yang terbatas tersebut, diharapkan dapat menggambarkan tentang keidahan dan kekayaan seni dan budaya Kalteng.
Namun yang terpenting, dari berbagai atraksi tersebut diharapkan dapat dikemas dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat menjadi sebuah atraksi atau tontonan yang harmoni, indah, dan menarik untuk disaksikan.
Untuk itu, maka ia secara langsung memberikan arahan-arahan kepada tim kesenian asal Kalteng yang akan tampil pada kegiatan tersebut. Hal ini dilakukan agar penampilan nantinya dapat dilakukan dengan maksimal dan dapat memukau penonton yang hadir.
Mengingat ini merupakan salah satu momentum dan upaya untuk mempromosikan seni dan budaya Kalteng, mengingat kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari 120 Negara sahabat dan diliput oleh media baik dalam maupun luar negeri, sehingga diharapkan kedepan semakin banyak orang atau wisatawan yang ingin mengenal kesenian dan budaya Kalteng lebih jauh dan datang kedaerah ini.
Sementara kegiatan bazaar amal Women’s International Club Jakarta yang ke 46 tersebut dilaksankan Jakarta Convention Center pada 27-28 November 2013 mendatang yang dihadiri oleh perwakilan dari 120 Negara, ibu Hj Ani Bambang Yudhoyono.
Juga dihadiri Ibu Hj Herawati Boediono, Ibu Linda Amalia Sari Gumelar, Ibu Sranya Natalegawa, Gubernur DKI Jakarta dan Ibu Iriana Joko Widodo, Ketua Umum WIC Jakarta Ibu Rose Lintong dan Jajarannya, serta berbagai pihak yang terkait lainnya. Gubernur Kalteng beserta Ibu dan para instansi terkait lainnya juga akan hadir dalam kegiatan tersebut, ujarnya.dkw