Kamis, 12 Desember 2013

Pengadaan Mobil Samsat Disesuaikan Dengan Medan

PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Provinsi Kalteng Jaya Saputra Silam saat ditemui di ruang kerjanya, baru-baru ini kepada wartawan mengatakan, mengingat pentingnya akan keberadaan mobil Samsat keliling, maka kedepan terus diprogramkan pengadaanya.
Kendati demikian, dalam pengadaan mobil Samsat keliling tersebut akan disesuaikan dengan medan atau lokasi yang ada di daerah tersebut. Hal tersebut dilakukan, dengan harapn agar mobil tersebut dapat beroprasi dengan maksimal dan sampai menjangkau daerah pedalaman.
Sehingga untuk daerah yang lokasinya berbukit-bukit dan medannya dinilai agak sulit, maka akan menggunakan mobil yang agak kecil dengan jenis double gardan, sehingga diharapkan dapat menjangkau sampai kedaerah-daerah pelosok atau pedalaman.
Karena, kalau menggunakan mobil Samsat keliling dengan ukuran yang cukup besar seperti yang ada saat ini, dinilai tidak bisa menjangkau sapai ke daerah-daerah pelosok “padahal banyak potensi kita yang ada di pelosok itu,” tegas Jaya.
Diungkapkannya, mobil Samsat keliling yang ada dan sudah beroprasi saat ini sudah ada dua unit dengan jenis bus. Selain itu, juga ada dua unit mobil jenis avanza, namun masih belum bisa dioprasikan karena masih belum dilengkapi dengan prangkat software dan hardwarenya.
Pada anggaran perubahan ini juga diprogramkan untuk pengadaan empat unit dan sudah masuk dalam agenda APBD. Sementara pada APBD murni 2014 mendatang juga akan diprogramkan untuk pengadaan sekitar sebanyak delapan unit dengan jenis double gardan.
Mengingat pengadaan mobil Samsat keliling, software, dan hardwarenya tersebut dilakukan secara bertahap dan disesuaikan juga dengan kemampuan angaran yang ada, ujarnya.
Namun ia sangat berharap agar pengadaan mobil Samsat Keliling ini mendapatkan dukungan demi memaksimalkan pendapatan daerah, khusunya dari pajak kendaraan bermotor (PKB). Bahkan pihaknya berharap di triwulan I dan II 2014 mendatang sudah ada realisasinya, sehingga di triwulan II, mobil Samsat keliling tersebut sudah bisa diserahkan.
Karena, untuk memaksimalkan pendapatan daerah khusunya dari sektor PKB, maka pada 2014 pihaknya memprogramkan agar semua Unit Pelaksanaan Teknis Pelayanan Pendapatan Daerah (UPT PPD) itu mempunyai mobil Samsat keliling.
Karena dengan mobil Samsat yang ada saat ini saja sudah menunjukan hasil yang positif dan cukup maksimal. Ini dapat terlihat bahwa penerimaan PKB sampai Oktober saja sudah mencapai 93,63 persen, sehingga pada akhir tahun 2013 mendatang diperkirakan bisa mencapai 100-120 persen, sehingga keberadaan mobil Samsat keliling ini memang diperlukan, ungkapnya.dkw