Rabu, 21 Agustus 2013

Tarian Giring-giring Tingan Turut Meriahkan FPBN

PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Saidina Aliansyah, Senin (19/8), kepada Tabengan mengatakan, baru-baru ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng mengirim sebanyak 36 orang tim kesenian dari Kalteng untuk mengikuti Festival Pawai Budaya Nusantara (FPBN) dalam rangka memeriahkan peringan HUT Kemerdekaan RI ke-68.
Dalam kegiatan tersebut, tim kesenian asal Kalteng mendapatkan kesempatan untuk beratraksi dengan membawakan tarian Giring-Giring Tingang selam lima menit di depan panggung utama dan disaksikan oleh Presiden RI dan Istri beserta para Menteri dan jajarannya.
Penampilan tim kesenian Kalteng dengan menggunakan berbagai kostum adat khas Kalteng dan gerakan yang khas tersebut, mampu menarik perhatian masyarakat dan memberikan warna pada pelaksanaan Festival Pawai Budaya Nusantara tersebut.
Sehingga ini menunjukan bahwa budaya dan kesenian Kalteng tidak kalah menariknya dengan budaya dan kesenian dari daerah lainnya. Kendati demikian, Saidina berharap agar kedepan tim kesenian dari Kalteng dapat tampil jauh lebih maksimal lagi dan lebih aktif lagi dalam mempromosikan berbagai potensi seni dan budaya daerah ini.
Mengingat dengan mengikuti kegiatan seperti itu, maka dapat memperkenalkan seni dan budaya Kalteng kepada masyarakat luas, terlebih dalam kegiatan tersebut masyarakat dapat menyaksikannya secara langsung pertunjunkan seni dan budaya tersebut.
Sehingga, hal tersebut diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat luas untuk datang ke daerah ini, sehingga jumlah kunjungan dari waktu-kewaktunya akan terus alami peningkatan lagi.
Lanjut Saidina, sementara kegiatan Festival Pawai Budaya Nusantara tersebut dilaksanakan pada 18 Agustus 2013 yang lalu dan diikuti oleh 36 perserta yang meliputi dari 33 Provinsi diseluruh Indonesia dan tiga peserta lainya dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
Kegiatan tersebut start dari Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Istana Presiden-Balai Kota. Kegiatan tersebut berlangsung meriah dan mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat, mengingat kegiatan tersebut menampilkan seni dan kebudayaan dari berbagai daerah dan ini merupakan yang pertama kalinya, ujarnya.dkw