Senin, 05 Agustus 2013

Gubernur Ingatkan Potensi Kebakaran Lahan

Hari Jadi Ke-11 Kabupaten Katingan diperingati di halaman Kantor Bupati Katingan, Sabtu (20/7). Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang mengingatkan agar masyarakat tetap mewaspadai potensi kebakaran hutan, lahan dan pekarangan.
 
KATINGAN – Wakil Gubernur Kalteng Achmad Diran menjadi inspektur upacara memperingati Hari Jadi Ke-11 Kabupaten Katingan, Sabtu (20/7). Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wagub, Gubernur Teras Narang menekankan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan mampu mempertahkan lingkungan yang ada, agar terbebas dari bencana kabut asap.
“Sehubungan dengan tibanyanya musim kemarau, saya tetap meminta perhatian sudara bupati/walikota se-Kalteng beserta jajaran, FKPD, para damang dan segenap lapisan masyarakat, agar meningkatkan kewaspadaan dan mampu mempertahankan lingkungan Kalteng yang terbebas dari asap kebakaran hutan dan lahan,” tegasnya di depan ratusan peserta upacara tersebut.
Selain itu diminta agar jangan melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar pada saat musim kemarau dan segera mengaktifkan posko di wilayah masing-masing. Termasuk melakukan pengawasan dan tindakan hukum secara tegas terhadap pelaku pembukaan lahan dengan cara membakar yang melanggar hukum.
Dalam kesempatan itu, Gubernur mengapresiasi Pemkab Katingan dan seluruh lapisan masyarakat karena telah melaksanakan Pemilu Kada, 4 April lalu, yang terlaksana tertib dan aman. Seluruh lapisan dan elemen masyarakat diminta agar menciptakan suasana yang kondusif dalam menyambut Pemilu Nasional 2014 agar terlaksana secarat tertib, lancar, dan damai.
Terkait dengan sumber daya alam Kabupaten Katingan yang melimpah, Gubernur menekankan pula agar pemerintah setempat bersama segenap masyarakat umum menjaga dan memelihara serta memanfaatkannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah itu.
Di sisi lain, Gubernur juga mengajak segenap komponen masyarakat Kabupaten Katingan agar semakin meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusianya  agar memiliki akhlak dan moral yang mulia, berkeperibadian luhur, serta memiliki keseimbangan antara kecerdasan, sikap dan perilaku sebagaimana tercermin dalam nilai-nilai kearifan lokal budaya masyarakat Kalteng.
Hal itu, menurut Gubernur, relevan dengan perkembangan zaman dalam falsafah Isen Mulang, khususnya untuk membangun 4 pilar berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, UUD Negara RI 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. ”Dengan semangat terpadu dan kebersamaan ini diharapkan seluruh potensi yang dimiliki dapat berdaya guna dan berhasil guna demi terciptanya kehidupan masyarakat Kabupaten Katingan yang maju, sejahtera, mandiri dan bermartabat,” katanya.dkw/c-sus