Senin, 05 Agustus 2013

Dishubkominfo Desak Pemko Optimalkan Terminal WA Gara

Terminal AKAP WA Gara belum beroperasi optimal.  Dishubkominfo Provinsi Kalteng mendesak Pemko Palangka Raya bersikap tegas terhadap perusahaan angkutan agar memanfaatkan fungsi terminal.
PALANGKA RAYA – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Kalteng mendesak Pemko Palangka Raya mengoptimalkan fungsi Terminal Antarkota Antarprovinsi (AKAP) WA Gara, di Jalan Mahir Mahar. Perlu ada ketegasan Pemko sebagai pihak pengelola dengan mewajibkan angkutan bus membuka loket penjualan tiket di terminal megah tersebut.
Desakan itu ditegaskan Kepala Dishubkominfo Provinsi Kalteng M Hatta, usai menghadiri Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kalteng, Rabu (17/7). Ia mengatakan, masalah pengelolaan terminal AKAP WA Gara sudah dibicarakannya dengan pihak Pemko dan pihaknya menginginkan agar dapat difungsikan dengan baik.
Di samping itu, lanjut Hatta, untuk mengoptimalkan fungsi terminal diharapkan pengerjaan jalan lingkar luar yang terhubung dengan terminal dapat cepat selesai. Dengan begitu, angkutan bus dari luar kota seperti Sampit dan Banjarmasin akan melewati jalan tersebut.
Terkait jalan itu, Hatta menyebutkan bahwa pihaknya sudah memberikan pertimbangan kepada Gubernur Kalteng agar jalan lingkar luar dapat segera dituntaskan. “Apalagi sekarang tinggal pengaspalan saja,” ujarnya.
Hatta menambahkan, pada prinsipnya sudah ada beberapa bus yang membuka loket di terminal bernilai miliaran rupiah tersebut. Namun selama bus lainnya tetap membuka loket penjualan tiket di luar terminal, maka tempat tersebut tidak mungkin bisa dioperasikan dengan optimal.dkw