Rabu, 21 Agustus 2013

Peranan PNS Sangat Penting Dalam Pembangunan

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Perekonomian dan Keuangan Berlin Sawal, pada pembukaan Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) tingkat IV angkatan XLIII dan XLIV, di aula Kampus I BKPP Kalteng, Senin (19/8) mengatakan, Pegawai Negeri Sipil (PNS) memiliki peranan yang sangat penting dalam keberhasilan pembangunan Nasional.
Sehingga, sumber daya manusianya diarahkan agar benar-benar mampu memiliki etos kerja yang produktif, terampil, kreatif, dan memiliki tanggungjawab serta profesionalisme. Selain itu, juga mampu memanfaatkan, mengembangkan, dan menguasai ilmu dan teknologi yang inovatif dalam rangka memacu pelaksanaan pembangunan nasional.
Sehingga kompetensi yang perlu dimiliki oleh PNS pemangku jabatan eselon IV adalah kemampuan yaitu, menjelaskan kedudukan, tugas, dan fungsi organisasi instansi dalam hubungannya dengan sistem administrasi Negara Republik Indonesia.
Menerapkan konsep dan teknik pengorganisasian dan koordinasi dengan benar, baik dalam hubungan internal maupun eksternal. Mengoperasionalisasikan sistem dan prosedur kerja yang berkaitan dengan pelaksanaan kebijakan dan tugas instansi.
Melaksanakan pronsip-prinsip good governance dalam manajemen pemerintahan dan pembangunan, melaksanakan kebijakan pelayanan prima, mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan kewenangan dan prosedur yang berlaku di unit kerjanya.
Menerapkan prinsip dan teknik perencanaan, pengendalian, pengawasan dan evaluasi kinerja unit organisasi, membangun kerjasama dengan unit-unit terkait, baik dalam organisasi maupun diluar organisasi untuk meningkatkan kinerja unit organisasinya.
Menerapkan teknik pengelolaan, penyampaian informasi dan pelaporan yang efektif dan efisien, memotivasi SDM dan atau peran serta masyarakat guna meningkata produktifitas kerja, mendayagunakan kemanfaatan sumber daya pembangunan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.
Dan memberikan masukan bagi perbaikan dan pengembangan kegiatan kepada atasanya. Sehingga, dengan mengikuti Diklatpim tingkat IV ini, kompetensi aparatur pejabat eselon IV dapat terwujud, sehingga dapat mendukung penyelenggaran pemerintah yang baik dan berhasil di dalam kerangka NKRI, ujarnya.
Sementara Kepala BKPP Kalteng Agustina D Dewel dalam laporannya mengetakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan sikap profesional dengan dilandasi keperibadian dan etika PNS sesuai dengan kebutuhan instansinya.
Selain itu, juga untuk menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa, memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan masyarakat.
Juga, untuk menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikit dalam melaksanakan tugas pemerintah umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik. Sementara, sasaranya adalah terwujudnya PNS yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan jabatan struktural eselon IV.
Kegiatan ini dilaksanakan selama 38 hari atau selama 285 jam yaitu dari 19 Agustus-25 September 2013, yang diikuti sebanyak 80 orang peserta eselon IV wajib didik dari Pemerintahan Kabupaten Gunung Mas, Barito Timur, Lamandau, Seruyan, Murung Raya, Sukamara, Pulang Pisau, dan KPU Barito Utara, ujarnya.dkw