Senin, 16 Januari 2012

Kalteng Terima 11 Unit Peralatan Bursa Kerja Online

03-01-2012 00:00
Harian Umum Tabengan,  
PALANGKA RAYA
Pemprov Kalteng menerima 11 unit bantuan peralatan bursa kerja online dari Kemenakertrans. Peralatan itu akan ditempatkan di provinsi dan 10 kabupaten lainnya di Kalteng.
Guna menekan angka pengangguran, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kalteng akan melakukan berbagai upaya, di antaranya melalui pembinaan, pelatihan, dan memberikan berbagai informasi peluang pekerjaan dengan mengoptimalkan bursa kerja online.
Kepala Disnakertrans Kalteng Sutrisno di ruang kerjanya, Senin (2/1), mengatakan, pada tahun anggaran 2011 lalu, pihaknya menerima bantuan peralatan bursa kerja online dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans). Namun ke-11 unit peralatan bursa kerja online tersebut, baru pada tahapan sosialisasi karena para calon operatornya masih menjalani kursus.
Selain itu, seluruh peralatan baru diterima pihaknya pada minggu keempat Desember 2011 lalu. Bantuan 11 unit tersebut akan ditempatkan di provinsi dan 10 kabupaten lainnya di Kalteng. "Dengan adanya pameran bursa kerja dan juga bursa kerja online diharapkan masyarakat bisa mendapatkan informasi yang benar tentang berbagai lowongan kerja yang tersedia. Sebaliknya bagi perusahaan bisa mendapatkan calon-calon pekerja yang berkualitas dan sesuai dengan fungsi jabatan yang dibutuhkan,” katanya.
Dengan dibukanya bursa kerja secara online mulai tahun 2012, ia yakin mampu memberikan informasi peluang dan penerima kerja kepada para pencari kerja dan mampu menurunkan angka pengangguran. Mengenai angka pengangguran di Kalteng, Sutrisno menyebut mengalami penurunan. Ini terlihat dari angka permintaan kerja sampai dengan November 2011 yang mengalami penurunan menjadi 34.861 orang bila dibandingkan pada 2010 yang mencapai 40.329 orang.
Namun, data tersebut tidak sama dengan data penganguran terbuka seperti yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS). Perbedaan itu terjadi karena pihaknya berdasar pada pendaftaran kembali para pencari kerja yang ingin memproleh kartu kuning. Dari jumlah pencari kerja tersebut, didominasi lulusan SLTA sebanyak 19.440 orang dan S1 sebanyak 2.671 orang.
Adapun jumlah tenaga kerja pada tahun 2011 yang tercatat di seluruh Disnakertrans kabupaten/kota se-Kalteng, secara kumulatif sebanyak 21.566 orang. Rinciannya,  sebanyak 510 tenaga kerja asing (TKA) dan 21.056 orang merupakan tenaga kerja dari dalam negeri.
Menurut dia, masalah pengangguran salah satunya disebabkan ketidakseimbangan antara ketersediaan lowongan kerja dan kualitas maupun kuantitas tenaga kerja yang dibutuhkan pasar kerja.  Karena itu, bursa kerja online memiliki nilai penting dan strategis untuk mempercepat penempatan tenaga kerja secara praktis, efisien, efektif serta membantu pencari kerja menemukan pekerjaan yang diinginkan.
Ia mengharapkan upaya itu menjadi jawaban bagi pencari dan penerima kerja di tengah kendala yang dihadapi selama ini. Seperti masih tingginya minat masyarakat untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), kecenderungan pilih-pilih pekerjaan yang cocok, dan tidak sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan pencari kerja karena minimnya informasi yang didapatkan para pencari kerja.dkw