Senin, 16 Januari 2012

Disbun Siapkan 825 Ribu Bibit Karet

2011-08-05
Harian Umum Tabengan,  
PALANGKA RAYA
Lahan telantar di kanan dan kiri jalan trans Kalimantan bakal ditanami karet. Disbun Kalteng menyiapkan 825 ribu bibit tanaman tersebut guna merealisasikan Program Geber MLT.
Dinas Perkebunan Kalteng memastikan Program Gerakan Bersama Memanfaatkan Lahan Telantar (Geber-MLT) sudah mulai berjalan, dengan memberikan bantuan bibit kepada masyarakat melalui Pemkab/Pemko se-Kalteng. Melalui bantuan tersebut diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan lahan di kanan dan kiri jalan trans Kalimantan.
Kepala Dinas Perkebunan (Kadisbun) Kalteng Erman P Ranan, baru-baru ini, mengatakan,  bibit yang disediakan untuk Program Geber-MLT mencapai sekitar 825 ribu bibit tanaman karet. Bantuan itu diberikan kepada kabupatenb/kota dengan jumlah bervariasi, antara 50 ribu hingga 60 ribu bibit tanaman. “Untuk menentukan masyarakat maupun petani yang mendapat bantuan itu, menjadi keweangan Bupati/Walikota setempat,” katanya.
Namun demikian, Erman mengharapkan bantuan itu dapat diprioritaskan bagi warga yang memiliki lahan telantar di kanan dan kiri jalan trans Kalimantan, baik di jalan nasional, provinsi, maupun kabupaten/kota. Untuk saat ini, sebagian besar bibit tersebut masih belum disalurkan mengingat masih menunggu waktu tanam yang tepat, sebab jika disalurkan sekarang dan dilakukan penanaman, dikhawatirkan hasilnya tidak maksimal.
Pertimbangannya, musim kemarau saat ini telah menyebabkan tanah cukup kering dan gersang karena kekurangan air, sehingga dapat menyebabkan tanaman mengering dan mati, jika tidak dirawat secara intensif. “Hanya Kabupaten di wilayah Barito yang sudah memperoleh bantuan bibit tersebut,” katanya.
Geber MLT merupakan terobosan dalam memanfaatkan lahan telantar di sepanjang kiri kanan jalan. Dalam pelaksanaan di lapangan, selain dari pemerintah, program ini juga diharapkan melibatkan unsur masyarakat dan dunia usaha untuk bersama-sama melakukan penanaman dan pemeliharaan.
Sebelumnya Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang mengatakan, Program Geber MLT juga terkait dengan perkebunan, perikanan, pertanian, peternakan, koperasi, dan kesehatan.  Untuk itu Teras meminta kepada instansi terkait dapat mendukung program tersebut dengan memberikan bantuan pengembangan ekonomi masyarakat di sekitar Program Geber MLT.      
Menanggapi hal itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadislutkan) Kalteng Darmawan menyatakan, di kiri dan kanan jalan trans Kalimantan memiliki potensi sebagai lokasi memelihara ikan, sebab terdapat cekungan yang bisa dijadikan kolam ikan. “Kami siap menyediakan bibit ikan patin, gurami, dan lele,” kata Darmawan.
Senada, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Kadistanak) Kalteng Tute Lelo mengatakan, ke depan pihaknya akan menjalin koordinasi dengan  Dinas Perkebunan untuk mempersiapkan jenis tanaman apa yang cocok untuk ditanam di kiri dan kanan jalan, mengingat struktur tanahnya berbeda-beda.dkw