Sabtu, 22 Juni 2013

Sebanyak 1.600 KK Mendapat Bantuan KUBE

PALANGKA RAYA – Pada 2013 ini sebanyak 1.600 kepala keluarga (KK) yang diberdayakan melalui bantuan kelompok usaha bersama (KUBE), baik melalui kegiatan penanggulangan kemiskinan perkotaan, mapun kegiatan penanggulangan kemiskinan pedesaan.
Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalteng Hardy Rampay, saat ditemui di ruang kerjannya, belum lama ini mengatakan, pemberdayaan masyarakat miskin melalui bantuan kelompok usaha bersama (KUBE), baik melalui kegiatan penanggulangan kemiskinan perkotaan dan pedesaan terus dilakukan.
Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota KUBE dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, meningkatkan kemampuan anggota KUBE dalam mencegah dan mengatasi masalah yang dialami baik dalam keluarga maupun lingkungan sosial.
Serta meningkatkan kemampuan anggota KUBE dalam melaksanakan peranan sosial. Sedangak kriteria penerima bantuan KUBE tersebut antaralain, kepala keluarga farkirmiskin berusia 55 tahun dan sudah berkeluarga/pernah berkeluarga, penghasilan yang diperoleh tidak mencukupi kebutuhan pokok hidup sehari-hari.
Diungkapkanya, kegiatan penanggulangan kemiskinan perkotaan 2013 dilakukan di 2 kabupaten, di 2 kecamatan, 6 kelurahan, 400 KK, dan 40 KUBE. Sementara penanggulangan kemiskinan pedesaan 2013 dilaksanakan di 4 Kabupaten, 4 kecamatan, 26 desa, 1.200 KK, dan 120 KUBE.
Lanjutnya, sementara penyebaran lokasi dan sasaran kegiatan penanggulangan kemiskinan perkotaan 2013 dilakukan di 2 kabupaten yaitu di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kapuas, sementara untuk penanggulangan kemiskinan pedesaan dilaksanakan di 4 kabupaten.
Untuk penanggulangan kemiskinan perkotaan di Kabupaten Kotawaringin Barat dilaksanakan di Kecamatan Arut Selatan  di Kelurahan Sidorejo, Raja, Mandawau, dan Baru dengan masing-masing sebanyak 50 kepala keluarga (KK) atau 5 KUBE dengan sumber dana berasal dari APBN.
Sementara untuk di Kabupaten Kapuas dilaksanakan di kecamatan Selat, yaitu di kelurahan Selat Tengah dan Selat Dalam dengan masing-masing sebanyak 100 KK atau 2 KUBE dengan sumber dana berasal dari APBN.
Sedangkan penyebaran lokasi dan sasaran kegiatan penanggulangan kemiskinan pedesaan 2013 dilaksanakan di 4 Kabupaten yaitu, Kabupaten Kotawaringin Timur, Barito Selatan, Sukamara, dan Barito Timur.
Untuk di Kotawaringin Timur kegiatan penanggulangan kemiskinan pedesaan tersebut dilaksanakan di Kecamatan Mantaya Hulu yaitu di desa Panda Duren, kawan Batu, Pahirangan, Baampah, Santilik, Santiung, Tanjung Jariangau, Bawan, Tanjung Bantur, dan Pematang dengan jumlah sebanyak 450 KK atau 45 KUBE, dengan sumber dana berasal dari APBN.
Sementara untuk di Barito Selatan kegiatan penanggulangan kemiskinan pedesaan tersebut dilaksanakan di kecamatan Karau Kuala, yaitu di desa Muara Arai, Malitin, Teluk Sampudau, Bintang Kurung, Tampijak, dan Talio, dengan jumlah 300 KK atau 30 KUB dengan sumber dana berasal dari APBN.
Sedangkan di Kabupaten Sukamara dilaksanakan di Kecamatan Pamatang Kacubung yaitu di desa Semantun, Ajang, Nibung Terjun, Natai Kondang, dan Laman Baru dengan jumlah 250 KK atau 25 KUBE dengan sumber dana berasal dari APBN.
Untuk di Kabupaten Barito Timur dilaksanakan di kecamatan Karusen Janang yaitu di desa Ipu Mea, Dayu, Wuran, Kandris, dan Lagan dengan jumlah 200 KK atau 20 KUBE dengan sumber dana berasal dari APBN, ujarnya.dkw