Jumat, 17 Mei 2013

Ribuan Peserta akan Ikuti Karnaval Budaya

Ribuan peserta dari 13 kabupaten dan 1 kota di Kalteng memastikan bakal ikut dalam Karnaval Budaya dalam rangkaian memperingati Hari Jadi Ke-56 Provinsi Kalteng, Sabtu (18/5) besok. Peserta itu antara lain dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) se-Kalteng, 1.626 orang.

PALANGKA RAYA – Kepala Disbudpar Provinsi Kalteng Saidina Aliansyah didampingi Kepala Bidang Nilai Seni dan Filem Rotena dan Koordinator Lapangan Karnaval Budaya Karya Cipta Gara kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (16/5), mengatakan, jumlah tersebut belum termasuk dari SKPD di lingkungan Provinsi Kalteng. Dari Batamad, MADN, DAD, Pelangi Nusantara, paguyuban, masyarakat umum, mahasiswa, dan pelajar.
“Diperkirakan peserta yang akan mengikuti Karnaval Budaya ini mencapai 3.000 orang,” kata Saidina. Karnaval Budaya ini akan semakin meriah karena Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang siap menjadi peserta dan jalan kaki bersama peserta lainnya.
Karnaval yang akan dimulai pukul 14.00 WIB tersebut, rutenya dari Bundaran Besar-Bundaran Kecil-Jalan RTA Milono-depan Pengadilan Tinggi dan kembali lagi ke Bundaran Besar.
Karnaval Budaya kali ini beda dengan tahun sebelumnya. Karena seluruh peserta  akan berjalan kaki, membawakan ikon dan karakteristrik budaya masing-masing kabupaten/kota dengan memberdayakan sanggar-sanggar yang ada, dan diikuti berbagai lapisan masyarakat Kalteng. “Diharapkan akan memberikan 3 hal, yaitu hiburan, tontonan, dan pendidikan, khususnya mengenai seni dan budaya Kalteng,” katanya.
 Selain Karnaval Budaya, rangkaian Hari Jadi Provinsi Kalteng juga akan dilaksanakan Festival Seni dan Budaya Kalteng Central Borneo yang dilaksanakan 18-24 Mei 2013, di beberapa lokasi, antara lain, di lapangan Tamanggung Tilung.dkw