Jumat, 17 Mei 2013

Gubernur Tinjau Jalan Kobar dan Kotim

Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang, didampingi Kadis PU Kalteng, Bupati Kobar, dan beberapa pejabat terkait lainya, saat mengamati pengerjaan jalan beton, menuju pelabuhan CPO di Bumi Harjo, Kotawaringin Barat, Kateng, Senin 13 Mei 2013
SAMPIT – Setelah membuka STQ XIX Tingkat Provinsi Kalteng, di Kabupaten Lamandau Minggu 12 Mei 2013 malam, Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang, Senin (13/5) melanjutkan dengan meninjau sejumlah proyek infrastruktur di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dan Kotawaringin Timur (Kotim).
Teras didampingi Bupati Kobar Ujang Iskandar dan sejumlah pejabat Pemprov, di antaranya Kepala Dinas Pekerjaan Umum Leornad S Ampung, Karo Humas dan Protokol Teras A Sahay, meninjau jalan provinsi yang menghubungkan Kobar-Kotawaringin Lama-Sumakara.
Peninjuan dilakukan Senin (13/5), di jalan sepanjang 98 km yang menghubungkan Kobar, Kolam, Riam Durian, dan Sukamara. Dari panjang jalan tersebut, yang dikerjakan kabupaten itu sekitar 38 km. Masih tersisa sekitar 60 km lagi. Dari 38 km tersebut ada sekitar 2 km rawa, hampir sama dengan di ruas jalan Tumbang Nusa, yang mudah tergenang banjir saat musim penghujan.
”Pemkab Kobar mempunyai keinginan yang kuat untuk membangun jalan itu, sementara provinsi, mengingat ini jalan provinsi, bagaimana agar yang sepanjang 98 km ini Kobar-Kolam-Riam Durian-Sukamara bisa selesai di masa jabatan saya. Ini akan diupayakan bisa selesai 2014,” kata Teras.
Untuk itu, akan dicarikan caranya agar jalan sepanjang 60 km itu dapat selesai 2014, dengan sistem multiyears.
Teras mengajak Bupati agar pembangunan jalan tersebut juga bisa melalui sharing dana, dan akan mengundang Pemkab Sukamara untuk bisa duduk bersama-sama.
Sementara persentase jalan yang beraspalnya masih sangat sedikit. Jalan ini adalah jalan lintas mengingat sebelumnya Kobar-Sukamara melalui Nanga Bulik. Jalurnya dari Kobar-Simpang Runtu-Nanga Bulik-Simpang Penopa-Riam Durian-Sukamara. Dengan dibangun lintas ini diharapkan meningkatkan perekonomian, mengurangi pengangguran dan kemiskinan di daerah tersebut.
Selain itu, Teras juga meninjau pelabuhan CPO di Desa Bumi Harjo, Kabupaten Kobar. Jalan yang dilalui sepanjang 9,25 km adalah kewenangan provinsi. Teras melihat secara langsung pengerjaannya, bahkan ia sempat melihat kualitas beton jalan tersebut.
Usai dari Kobar, dilanjutkan ke Kotim. Didampingi Wakil Bupati Kotim Taufiq Mukri, Teras meninjau jalan dari arah Sampit ke pelabuhan CPO di Bagendang hingga Samuda.
Ia juga meninjau PT Suka Jadi di daerah tersebut dan meninjau angkutan di perusahaan. Menariknya, Teras menemukan langsung angkutan yang melebihi muatan sumbu terberat 8 ton pada angkutan CPO perusahaan tersebut. dkw