Jumat, 17 Mei 2013

September, Disbun Salurkan Bibit Karet

Kelompok tani di kabupaten dan kota se-Kalteng sebaiknya mempersiapkan diri. September nanti, Pemprov akan membagikan bibit karet unggul untuk ditanam pada lahan telantar di wilayah itu.

PALANGKA RAYA  – Program Gerakan Bersama Memanfaatkan Lahan Telantar (Geber-MLT), pada 2013 berlanjut. Rencananya, pada September mendatang, Dinas Perkebunan Provinsi Kalteng akan menyalurkan bibit karet ke kabupaten/kota untuk pelaksanaan program Geber-MLT tahun ini.
“September mendatang akan kita salurkan bibitnya,” ujar Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Kalteng Rawing Rambang, kepada sejumlah wartawan, saat ditemui usai menghadiri rapat paripurna di Kantor DPRD Kalteng, baru-baru ini.
Disalurkanya bibit karet pada September, mengingat pada saat itu dinilai sudah memasuki musim penghujan. Sehingga ketika dilakukan penanaman, potensi  bibit mati dapat diminimalisasi.  Untuk itu, menyaluran bibit harus menyesuaikan dengan kondisi cuaca.
Untuk pelaksanaan program Geber-MLT pada tahun ini, masing-masing kabupaten/kota akan mendapatkan sekitar 20.000 bibit karet unggul. Selain program Geber-MLT tersebut, lanjut Rawing, pihaknya juga mendorong kebun percontohan dan kebun bersih.
Program Geber-MLT terus berjalan dan selalu dievaluasi. Berdasarkan penilaian Disbun Provinsi Kalteng, hasilnya sangat positif karena selain dapat menambah kawasan hijau, lahan telantar terutama di kanan dan kiri jalan trans Kalimantan akan dimanfaatkan. Kawasan perkebunan rakyat semakin bertambah, bahkan pada saatnya nanti diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.dkw