Kamis, 20 Februari 2014

Gubernur Apresiasi Keaktifan Sekolah dan Puskesmas di Daerah

PALANGKA RAYA – Meski ditengah keterbatasan, namun Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang sangat mengapresiasi tingkat keaktifan guru dan pegawai di sekolah dan Puskesmas di pedalaman yang aktif dalam melaksanakan tugasnya.
            Karena meski tidak direncanakan ia akan singgah di sekolah dan puskesamas tersebut, namun ternyata guru dan pegawai di sekolah dan puskesamas tersebut aktif dalam melaksanakan tugasnya, “saya sangat apresiasi,” tegas Teras kepada sejumlah wartawan, saat ditemui di sela-sela meninjau jalan poros tengah baru-baru ini.
            Diungkapkan Teras, misalnya di SMP 1 Manhuhing, Kecamatan Manuhing, Kabupaten Gunung Mas, ada 16 guru dan semuanya hadir, sementara Kepala Sekolahnya ada tugas pendidikan “nah ini kita harus memberikan apresiasi, harus memberikan hormat terhadap mereka dan nati kita akan melihat perkembangan-perkembangannya lebih lanjut,” ujarnya.
            Termasuk keaktifan pegawai di Puskesmas Tumbang Rahuyan, Kecam Rungan Hulu, ujarnya.
            Karena Sebelumnya Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi, Kepala Biro Pemerintahan, Kepala Biro Umum, Kepala Biro Humas dan Protokol, serta beberapa instansi terkait lainnya meninjau jalan poros tengah dan dalam kesempatan itu ia juga sempat meninjau Sekolah dan Puskesmas.
            Saat meninjau proses belajar-mengajar di SMP 1 Manhuhing, ia juga sempat berdialog dengan siswa dan guru, termasuk meninjau gedung sekolah tersebut. Dalam dialog tersebut, pihak sekolah juga sangat berharap adanya laboratorium, pasilitas olahraga, dan prasarana penunjang lainnya di sekolah tersebut, termasuk buku bahasa inggris.
            “Tadi (kemaren) saya juga melihat keadaan di sekolah SMP 1 di Manuhing. Saya sedih sekali karena ada peralatan yaitu sekitar 10 komputer yang sudah selama tiga tahun tidak bisa dioprasionalkan dengan baik dan itu menjadi sesuatu hal yang sangat menyedihkan,” ujarnya.
            Dalam kesempatan itu, Gubernur juga berkunjung ke Puskesmas Tumbang Rahuyan, Kecam Rungan Hulu, Kabupaten Gunung Mas dan dalam kesempatan itu ia juga menanyakan data-data kesehatan di puskesmas tersebut, antaralain data ibu hamil, malaria, dan yang lainnya.
            Sementara yang menjadi kendala di Puskesamas tersebut antaralain tidak adanya dokter, tidak adanya mobil ambulan, tidak adanya siknal Hp, perumahan pegawai, dan pegawai di Puskesamas tersebut hanya 6 orang pegawai saja, sementara mereka harus menangani 8 desa 1 kelurahan.
            Sehingga beberapa hal tersebut menjadi perhatiannya, khusunya bagi bupatinnya. Karena, dengan adanya beberapa kendala tersebut, “ini berarti ada kebijakan yang tidak tepat, sehingga ini diharapkan menjadi perhatian, termasuk dari kabupaten/kota, ujarnya.dkw