Senin, 24 Februari 2014

2012, Hasil Tangkapan Meningkat 11,65 Persen

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang dalam sambuatan tertulisnya yang dibacakan Kepala Disas Kelautan dan Perikanan Kalteng Darmawan pada Rakor Pembangunan Kelautan dan Perikanan Tingkat Provinsi, di hotel Aquarius, Senin (24/2) mengatakan, dari tingkat capaian indikator kinerja utama untuk hasil tangkapan mengalami peningkatan.
Ini dapat terlihat bahwa hasil tangkapan pada 2012 sebesar 93.265,20 ton menjadi 105.060,8 ton atau mengalami kenaikan 11,65 persen. Sedangkan produksi perikanan budidaya pada 2012 sebesar 51.236,29 ton menjadi 53.519,43 ton atau mengalami kenaikan sebesar 4,27 persen.
Naiknya produksi ini, kata Teras, juga didukung dengan meningkatnya pula volume produksi hasil perikanan pada 2012 sebesar 20.227,63 ton menjadi 26.152 ton atau alami kenaikan sebesar 22,65 persen.
Pembangunan sektor Kelautan dan Perikanan memegang peranan yang cukup penting dalam menggerakan roda perekonomian dan hal ini didukung dengan begitu besarnya dan melimpahnya sumberdaya alam yang dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat.
Terlebih sebaran penduduk Kalteng yang banyak bermukim di wilayah sungai, danau rawa, dan pesisir pantai sebagai sumber kehidupan, ujarnya.
Untuk memanfaatkan potensi sumber perikanan yang begitu besar, diperlukan arah kebijakan pembangunan kelautan dan perikanan untuk mencapai sasaran dan tujuan melalui penyusunan program dan kegiatan dengan memperhatikan kebutuhan yang ada serta potensinya. Baik potensi sumber daya manusia (SDM), maupuan sumber daya alam (SDA).
Terlebih proses penyusunan program dan kegiatan tersebut memerlukan analisa terhadap lingkungan internal dan ektsernal dengan memperhatikan kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang ada, ujarnya.
Sementara ketua panitia pelaksana Arinakiriano dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengkoordinasikan dan menyelarasakan indikator kinerja serta target kinerja program dan kegiatan antara Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi dengan kabupaten/kota untuk perbaikan dokumen rencana kerja 2015.
Sementara tujuan dari kegiatan ini adalah untuk penetapan pelaksanaan program atau kegiatan untuk optimalisasi pencapaian sasaran program dan kegiatan Dinas Kelautan dan Perikanan Provini Kalteng 2015.
Kegiatan ini dilaksankan dari 23-26 Februari 2014 dan diikuti oleh pejabat Dinas Kelautan dan Perikanan Provini Kalteng, kabupaten/kota se Kalteng, Badan Ketahanan Pangan dan Koordinasi Penyuluh Kalteng, konsorsium Program Mitra Bahari Regional Center Kalteng, Stasiun Karantina Kelas I Palangka raya, BAPPEDA, dan HSNI Kalteng.
Sementara yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut antaralain dari Direktorat Jenderal Perikanan KP3K, Biro Perencanaan Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, ujarnya.dkw