Selasa, 10 September 2013

Program Pusat dan Daerah Harus Sinergi



RAKORNIS HUBKOMINFO
PALANGKA RAYA – Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Kalteng menggelar Rapat Koordinasi Teknis Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Se-Kalteng 2013 di Aula Ballroom Swiss Bellhotel Danum, Palangka Raya, Rabu (28/8). Pembukaan acara itu dilakukan oleh Wakil Gubernur Kalteng Achmad Diran.
Kepala Dishubkominfo Provinsi Kalteng M Hatta, menerangkan tujuan dilaksanakannya kegiatan itu untuk meningkatkan sinergi program-program bidang perhubungan se-Kalteng.  Pasalnya, bidang ini di kementerian terdiri dari udara, laut, darat, sehingga perlu disinergikan. Melalui Rakornis itu ia berharap berbagai program yang akan dijalankan lebih terpadu.
Selain untuk menyinergikan berbagai program tersebut, lanjut Hatta, juga membahas berbagai isu, seperti penetapan Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya sebagai embarkasi haji di Provinsi Kalteng, masalah terminal, dan usulan dari kabupaten/kota. Terutama berkaitan banyaknya kabupaten/kota yang mengusulkan bandara, jembatan timbang, terminal AKAP, dermaga, dan pelabuhan.
“Rapat koordinasi ini untuk program kegiatan pada 2015 mendatang, sementara untuk program pada tahun 2014, saat ini sudah satuan dua, mengingat untuk program 2014 sudah dibahas pada rakornis tahun yang lalu,” ujarnya.
Di depan ratusan undangan dari 13 kabupaten dan 1 kota se-Kalteng serta pihak dari Kementerian Perhubungan, Hatta mengatakan bahwa kegiatan itu bertujuan pula untuk mengimplementasikan pelayanan sektor perhubungan, komunikasi, dan informatika.
Hal tersebut berkaitan dengan tangggung jawab ke depan antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota agar mampu memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat.
Rakornis itu diikuti 125 orang peserta yang merupakan Kepala Dishubkominfo Provinsi dan kabupaten/kota, para Kepala UPT di lingkungan Kementerian Perhubungan maupun Dishubkominfo Provinsi.
Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Achmad Diran mengatakan, tersedianya sarana transportasi jalan, laut, sungai dan udara telah memajukan perekonomian beberapa kabupaten.
Pembangunan dalam memberikan jasa transportasi baik darat, laut, udara, komunikasi, dan informatika sejalan dengan terselenggaranya good governance. Hal itu, kata Gubernur, dapat menciptakan arah yang lebih baik untuk membuka perkembangan pembangunan dibidang transportasi, komunikasi, dan informatika yang berkseinambungan, terencana, dan terarah untuk peningkatan perekonomian.
“Pelayanan di sektor transportasi, komunikasi, dan informatika adalah hal yang sangat utama, karena menyangkut kewenangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dapat mempercepat proses pengambilan keputusan serta memberikan keleluasaan yang cukup untuk mengelola pelayanan publik dan menyukseskan pembangunan di pusat maupun daerah,” ujarnya.dkw