Selasa, 10 September 2013

BPBD Provinsi Salurkan Bantuan Banjir Kotim



Untuk membantu meringankan beban warga yang menjadi korban bencana banjir di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Pemprov Kalteng melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi menyalurkan sejumlah bantuan.
PALANGKA RAYA – Bantuan untuk warga korban banjir di Kabupaten Kotim mulai dikirim dari Kota Palangka Raya, Senin (9/9). Tim dari BPBD Provinsi Kalteng bergerak ke Sampit, Kabupaten Kotim membawa sejumlah bantuan berupa kebutuhan sandang dan pangan.
Kepala Badan BPBD Provinsi Kalteng Mugeni, kepada sejumlah wartawan, di lingkungan Kantor Gubernur Kalteng, kemarin, mengharapkan bantuan itu meringankan beban para korban. Meski demikian, ia mengaku tidak tahu persis jumlah bantuan yang di antaranya berupa mi instan, minyak goreng, susu, dan teh tersebut.
Bantuan itu akan disalurkan melalui BPBD Kabupaten Kotim dan selanjutnya diberikan kepada para korban di lokasi banjir di Kecamatan Antang Kalang, Telaga Antang, dan Bukit Santuai. “Untuk menjangkau lokasi banjir memang cukup sulit, mengingat beberapa ruas jalan menuju lokasi tersebut tergenang banjir. Sementara kalau melalui jalur air, arus sungai sangat deras,” terangnya.
Hingga kini, kata Mugeni, belum ada permitaan bantuan personel untuk membantu evakuasi korban banjir. Pihak BPBD Provinsi menyatakan siap membantu meski dipandang dari luasnya wilayah banjir, kemungkinan jumlah personel dan peralatan yang ada tidak akan memadai.
Sementara dari laporan yang diterima pihaknya, banjir di Kecamatan Antang Kalang, Telaga Antang, dan Bukit Santuai tidak sampai menelan korban jiwa. Namun begitu, akibat banjir menjadikan ratusan warga terpaksa mengungsi ke tempat keluarga terdekat atau ke daerah yang lebih tinggi untuk menghindari genangan air yang mencapai 2 meter.
Berdasarkan data BPBD Provinsi Kalteng yang diterima Senin (9/9), pukul 11.00 WIB, ratusan rumah warga di Kecamatan Antang Kalang, Telaga Antang, dan Bukit Santuai, terendam banjir. Masing-masing Desa Tumbang Tilap sebanyak 34 kepala keluarga (KK), Desa Tumbang Kaminting 36 KK, Desa Tanah Haluan 42 KK, Desa Tumbang Panyahuan 82 KK, dan Desa Tumbang Sapia 23 KK.
Kemudian di Desa Tumbang Getas 36 KK, Desa Tewei Hara 54 KK, Desa Tumbang Payang 76 KK, Desa Tumbang Kania 14 KK, Desa Tumbang  Batu 33 KK, Desa Tumbang Torung 44 KK, Desa Lunuk Bagantung 26 KK, Desa Tumbang Tawan 19 KK, Desa Tumbang Saluang 19 KK.
Di Desa Tumbang Sangai 253 KK, Desa Rantau Katang 160 KK, dan Desa Tumbang Mangkup 50 KK, Desa Buntut Nusa 20 KK, Desa Tumbang Gagu 35 KK, Desa Tumbang Hejan 62 KK, Desa Tumbang Ramei 18 KK, Desa Sungai Puring 73 KK, Desa Kuluk Telawang 76 Kk, Desa Tumbang Manya 75 KK, Desa Sungai Hanya 70 KK, Desa Tumbang Sepayang 98 KK, dan Desa Tumbang Kalang sebanyak 207 KK.dkw