Selasa, 10 September 2013

Formasi CPNS Kalteng Bertambah


* Ada tambahan untuk Gunung Mas dan Seruyan
PALANGKA RAYA - Formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013 di Provinsi Kalteng mengalami penambahan. Selain penerimaan di Pemprov Kalteng dan 6 kabupaten, kini ditambah lagi formasi untuk Kabupaten Seruyan dan Gunung Mas.
Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Provinsi Kalteng Agustina D Dewel usai menghadiri pelantikan pejabat eselon II, III, dan IV di Aula Jayang Tingang, Komplek Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (2/9), mengatakan, usulan formasi yang telah disetujui untuk Gunung Mas dan Seruyan.
Kendati demikian, ia mengaku tidak mengetahui secara persis berapa jumlah penambahan formasi CPNS tersebut. Ia hanya mengatakan, penambahan kebanyakan untuk mengisi tenaga guru dan kesehatan. “Kalau untuk kuota penerimaan CPNS di lingkungan Pemerintahan Provinsi Kalteng yaitu sebanyak 217 formasi,” katanya.
Sedangkan formasi tersebut, ujar Agustina, untuk di lingkungan pemerintah kabupaten kebanyakan untuk tenaga guru dan tenaga kesehatan dan di lingkungan pemerintah provinsi untuk tenaga kesehatan dan teknis.
Mengenai belum dimulai atau dibukanya pendaftaran CPNS 2013, Agustina mengatakan, sampai saat ini masih ada kabupaten yang belum menerima rincian formasinya dari Pemerintah Pusat. Untuk itu, pengumuman rincian formasi atau pendaftaran CPNS tersebut akan diulakukan secara bersama-sama dengan pihak kabupaten.
“Hingga hari ini (kemarin), pihak kabupaten yang belum menerima rincian formasi CPNS tersebut sudah ke Pemerintah Pusat untuk menanyakan rincian formasinya, sehingga mungkin pada 4 September 2013 mendatang akan diumumkan rincian formasi CPNS tersebut,” terangnya.
Ia menambahkan, pendaftaran CPNS untuk di lingkungan Pemprov hingga kini belum menggunakan sistem online, mengingat peralatannya belum memadai.
Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalteng Siun Jarias, mengatakan, kuota penerimaan CPNS 2013, yaitu Pemprov sebanyak 217 formasi, Kabupaten Katingan 289 formasi, Lamandau 330 formasi, Barito Utara 171 formasi, Pulang Pisau 182 formasi, Kotawaringin Timur 50 formasi, dan Barito Timur sebanyak 50 formasi.
Untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya tindak kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN) oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, Pemerintah Pusat dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan terlibat dalam proses tes CPNS di Kalteng pada 2013 ini.
“Peran serta keduanya akan sangat terlihat jauh dibanding tahun-tahun sebelumnya. Keterlibatan kedua pihak tersebut sekaligus mengisyaratkan adanya pengawasan lebih ketat dan pelaksanaan lebih fair pada tahap tes CPNS tersebut,” ujar Siun.dkw