Kamis, 30 Januari 2014

Memprihatinkan, Museum Balanga akan Dibenahi

PALANGKA RAYA – Beberapa gedung dan bangunan di lingkungan UPT Museum Belanga dinilai masih memprihatinkan. Sehingga, Pemerintah Kalteng melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provini Kalteng akan membenahi tempat tersebut, agar museum tersebut menjadi salah satu destinasi wisata di dalam kota.
            Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Yuel Tanggara, saat ditemui aula Jayang Tingang, komplek Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (30/1), kepada wartawan mengatakan, UPT Musemu Belanga akan terus dibenahi, terutama sarana parasaran, fisik bangun, dan lingkungannya.
            Ini harus dilakukan, mengingat Museum Belanga ini sebagai tempat untuk menyimpan peradaban mayarakat Kalteng. Dan pada 2011-2012 yang lalu, pihaknya mendapatkan dukungan dana untuk revitalisasi salah satu gedung pameran dilingkungan UPT Museum Belanga.
            Sehingga, keberadaan benda pusaka atau koleksi di museum tersebut, khusunya untuk di gedung pameran 1 sudah terawan dengan baik. Namun koleksi yang ada tersebut untuk sementara ini tidak dapat di pamerkan semuanya, karena terbatas dengan kondisi sarana dan parasarana bangunan yang masih memprihatinkan.
            Namun sesuai dengan peritah Gubernur, ujar Yuel, tempat tersebut segera di benahi. Sehingga, pihaknya akan berusaha agar gedung pameran yang ke-2 dapat dibenahi agar dapat dimanfaatkan dan diharapkan agar tahun ini pembenahan tersebut sudah dapat selesai.   
            Karena, sesuai harapan Gubernur Kalteng, maka UPT Musemu Belanga ini akan dibenahi terus, sehingga diharapkan museum tersebut dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang berada di dalam Kota Palangka Raya, ujarnya.
            Untuk mewujudkan itu, maka pihaknya juga menjalin kerja sama dengan instansi terkait, antaralain dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika dalam upaya membangun Museum Belanga tersebut.
            Dan baru-baru ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalteng dan pada 2014 ini, pihaknya mendapatkan dukungan dari Dinas tersebut melalui kegiatan revitalisasi kawasan budaya dengan perbaikan jalan lingkungan termasuk drainasenya dan juga pintu masuk atau gapura.
            Selain itu, pihaknya dari Dinas Kebudayaan dan pariwisata juga akan menganggarkan untuk pembangunan kantor UPT Musemu Belanga tersebut, karena kantor yang ada saat ini dinilai sangat memperihatinkan.
            Sedangkan untuk menjaga keamanan barang koleksi di Musemu Belanga tersebut, khusunya untuk langkah preventif sementara, ujar Yuel, maka pihaknya telah menempatkan beberapa petugas keamanan di tempat itu, yang memang rutin dan tinggal di sekitar itu, ujarnya.dkw