Rabu, 10 April 2013

Fungsi Pos Cek Poin Belum Optimal

Pengawasan lalu lintas ternak dari luar daerah ke Kalteng memegang peranan penting dalam mencegah penularan flu burung. Fungsi pos cek poin yang ada harus dipotimalkan.
PALANGKA RAYA – Untuk bisa terbebas dari serangan virus avian influenza (AI) atau flu burung, bukanlah perkara mudah. Terlebih, keberadaan pos cek poin yang ada di pintu masuk wilayah Kalteng dinilai masih kurang optimal. Sementara penularan virus jenis ini juga bisa melalui udara.
Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Provinsi Kalteng Candra Rahmawan, baru-baru ini, mengatakan, untuk menanggulangi penularan virus AI yang paling penting dan pokok adalah melakukan pengendalian lalu lintas ternak.
Sementara fungsi pos cek poin yang ada dinilai masih kurang optimal, sehingga perlu ditingkatkan. Petugasnya harus lebih rajin dan dapat merangkul para pihak yang terkait, seperti Dinas Perhubungan dan kepolisian setempat.
Candra mengaku pesimistis Kalteng mampu bebas AI pada 2015 mendatang. Sebab, masih ada kendala utama yakni penanganan lalu lintas ternak di Kalteng yang masih perlu ditingkatkan. Pos cek poin tersebut berada di perbatasan Kalteng-Kalsel di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Barito Timur.
Selain itu, di perbatasan Kalteng dan Kalbar di Kabupaten Sukamara dan Kotawaringin Barat yang dilakukan oleh Pemprov Kalbar.  Sementara untuk di bandara dan pelabuhan laut, pemeriksaan lalu lintas ternak dilakukan oleh petugas dari Balai Karantina.
Candra juga mengakui dalam mengawasi lalu-lintas ternak, masih kesulitan untuk mendeteksi ternak yang dibawa menggunakan tentengan.  Terkadang penumpang kapal yang mebawanya enggan diprikasa dan tidak memiliki surat-surat yang diperlukan untuk membawa ternak. Masih ada oknum masyarakat yang sembunyi-sembunyi membawa ternak dan lepas dari pemeriksaan petugas karantina.
Sedangkan untuk angkutan ternak dalam jumlah banyak, seperti ayam pedaging atau sapi menggunakan truk, dinilai cukup mudah dipantau. Petugas di pos cek poin hanya menanyakan surat keterangan sehat atas ternak tersebut oleh instansi yang berwenang dari daerah asal ternak.dkw