Rabu, 10 April 2013

Budpar Kirim Duta Pawai Budaya

PALANGKA RAYA – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalteng akan mengikuti berbagai kegiatan promosi budaya dan pariwisata, termasuk mengirimkan duta untuk mengikuti Pawai Budaya Tingkat Nasional, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, 20 April mendatang.
Pawai itu akan diikuti 50 orang penari dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia  (ISEI) Palangka Raya.  “Untuk mempersiapkannya, para penari tersebut akan diminta datang ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng. Mereka diminta untuk menunjukkan kebolehannya dalam menari,” kata Kepala Disbudpar Provinsi Kalteng Saidina Aliansyah, baru-baru ini.
Penampilan penari itu, menurut Saidina, untuk menjajal kemampuan dan melihat sejauh mana kesiapan mereka. Dengan demikian, apabila ditemukan kekurangan atau terdapat hal yang perlu dibenahi, dapat segera diperbaiki. Saidina menekankan agar penampilan duta asal Kalteng bukan sekadar berpartisipasi, tetapi harus mampu menunjukkan sesuatu yang beda.
“Terlebih lagi, saat mereka berangkat untuk mengikuti kegiatan tingkat nasional tersebut, bukan hanya membawa nama pribadi, tetapi juga membawa nama daerah Provinsi Kalteng. Duta asal Kalteng ini harus bisa tampil beda sehingga menjadi hiburan dan tontonan yang menarik,” kata Saidina, memberi motivasi.
Sementara tarian yang akan dibawakan, antara lain, Tari Bawo dan Tari Mandau. Pada penyelenggaraan Pawai Budaya Tingkat Nasional 2012 lalu, Kalteng berhasil meraih peringkat 8. Untuk itu, pada tahun ini diharapkan paling tidak mampu mempertahankan prestasi sebelumnya.dkw