Senin, 30 Mei 2011

Sembuh dan Berprestasi Bersama Olahraga

Prof Rusli Lutan
31-05-2011 00:00
Harian Umum Tabengan,  
Oleh: Debi Kriswanto
Selain memunculkan atlet-atlet dengan prestasi nasional, Kalteng juga melahirkan para pembina olahraga berkualitas. Salah satunya Prof Rusli Lutan, Guru Besar di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.
Rusli Lutan merupakan putra asli Dayak Kalteng. Semasa kecil,  ia dan keluara tinggal di sebuah desa kecil yaitu Pulau Telo, Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas.
Kala itu, desa tersebut masih dikelilingi hutan belantara yang rindang den menyejukan. Sehari-harinya, Rusli kecil hidup sederhana bersama keluarganya. Kesederhanaan itulah yang membuat mereka jauh dari fasilitas kesehatan.
Rusli kecil tidak pernah mendapatkan suntikan vaksin untuk menjaga kekebalan tubuh. Akibatnya, ia mudah terserang berbagai penyakit. Malaria dan asma adalah penyakit yang lama diidapnya.
Di kala tak terganggu sakit, Rusli merupakan anak yang aktif. Ia gemar bermain dan berolahraga tradisional. Hobinya berolahraga semakin kuat ketiaka ia menerima pelajaran pendidikan jasmani yang diajarkan oleh gurunya, terutama saat duduk di kelas empat sekolah rakyat (SR).
Kecintaannya terhadap olahraga semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Ia lantas menggeluti cabang olahraga lompat tinggi, karena terinspirasi kiprah dari atlet Amereika Serikat Biil Miller. Bill ketika itu sengaja mendemontrasikannya aksi lompat tingginya di Kuala Kapuas dalam rangka mempromosikan olahraga atletik ke seluruh Indonesia.
Dengan gemar berolahraga, ditambah mengkonsumsi ramuan herbal tradisional, kondisi fisik Rusli semakin membaik. Penyakitnya berangsur-angsur sembuh.
Rusli juga pandai mengatur waktu. Meski memiliki segudang aktivitas latihan, ia tidak melupakan tugasnya untuk belajar. Jenjang demi jenjang pendidikan pun terus ia tempuh. Pada 1998, ia sudah meraih gelar doktor dengan yudisium cum laude bidang pendidikan luar sekolah, di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Bandung. Ia juga dikukuhkan sebagai guru Besar di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.
Meski perstasi Rusli saat bertanding tidak terlalu menonjol, namun, sebagai akademisi di bidang olaraga, karya, ide, dan gagasanya untuk memajukan dunia olahraga Indonesia selalu mendapatkan sambutan hangat dari para pemerhati dan pelaku olahraga.
Ia merupakan salah satu dari sarjana olahraga Indonesia yang memperkenalkan untuk pertama kalinya kosep olahraga dan pembangunan berkelanjutan, olahraga dan lingkungan hidup, serta olahraga dan ekonomu untuk meningkatkan kualitas hidup bangsa.
Karena pemikiran, konsep, dan gagasanya, ia dipercaya menduduki jabatan strategis di bidang keolahragaan. Di antaranya, sebagai dekan FPOK (1994-2000), direktur pemberdayaan Iptek olahraga Direktorat Olahraga Pelajar dan Mahasiswa, Sekretaris Direktorat Direktorat Jenderal Olahraga di Mendiknas (2003-2004).
Kemampuannya memanajemen dan mengorganisir berbagai organisasi keolaharagaan membuat putra Dayak dari pedalaman Kalteng tersebut pernah melangkang buana ke berapa negara, guna belajar dan memperkenalkan olahraga. Selain itu, ia juga mengikuti berbagai pertemuan olahraga di Asia, Asean, dan juga Internasional.
BIODATA:
Nama: Prof Rusli Lutan
TTL: Pulau Telo Kapuas, 5 Juli 1945
Istri      : Hj Rokayah
Anak:
1. Lina Wiyarsih
2. Maya Sari
3. Susan
4. Fajar Eka Saputra

Prestasi:
1. Pembina olahraga terbaik Jawa Barat 2000
2. Dosen Teladan IKIP 1986
Pekerjaan dan Organisasi :
1. Guru Besar di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
2. Membina Persina Jabar, PBSI, Persib Bandung
3. Ketua Litbang KONI Jawa Barat
4. Ketua II bidang pembinaan KONI Jawa Barat
5. Sekretaris PBSI Jawa Barat
6. Presiden Himpunan Mahasiswa Asia untuk Pendidikan Jasmani dan Olahraga.
Sekretaris Direktorat Jendral Olahraga Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.