Senin, 01 Juli 2013

Akan Kembangkan Objek Susur Sungai di Sebangau

PALANGKA RAYA – Selain di sungai Rungan, kedepan wisata susur sungai juga akan dikembangkan di beberapa daerah lainnya, antara lain didaerah sungai Sebangau. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan wisata susur sungai sebagai salah satu wisata unggulan di provinsi ini.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Saidina Aliansayah, saat ditemui di ruang kerjanya, baru-baru ini mengatakan, sesuai hasil rapat dengan anggta Komisi C DPRD Kalteng belum lama ini, maka kedepan wisata susur sungai tersebut tidak hanya di Sungai Rungan saja, namun juga dikembangkan di daerah Sebangau.
Mengingat di daerah tersebut alamanya dinilai sangat bagus, menarik, dan ada Taman Nasionalnya, serta bebas dari penambang liar. Berbeda dengan di sungai Rungan, mengingat di daerah tersebut masih ditemui aktivitas penambang liar.
Sehingga, ia berharap agar keberadaan penambang liar, khusunya di jalur yang dilintasi wisata susur sungai tersebut agar dapat ditertibkan, mengingat kondisi tersebut dinilai sangat mengganggu. Hal ini perlu dilakukan sebagai upaya untuk terus meningkatkan atau pengembangan wisata susur sungai di daerah ini.
Lanjut Saidina, kedepan, dengan melibatkan pihak ketiga, maka wisata susur sungai ini akan dikemangkan di daerah Sungai Sebangau “jadi kita tidak terpaku hanya satu daerah saja,” tegasnya.
Bahkan, dalam jangka panjang, pihaknya juga berharap agar susur sungai ini juga dikembangkan di daerah Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), yang berada di daerah Kabupaten Kotawaringin Barat. Sehingga pengembangan wisata susur sungai di daerah Palangka Raya ini sebagai awal, ungkapnya.
Segingga pihaknya berharap agar kedepan wisata susur sungai ini juga ada paket-paketnya, tinggal wisatawan saja nanti yang memilih mau paket susur sungai yang mana, apakah di Sungai Rungan, Sebangau, atau di daerah Tanjung Puting.
Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk terus meningkatkan jumlah kunjungan wisata kedaerah ini.
Meski demikian, ia berharap kepada masyarakat agar dapat secara bersama-sama menjaga kebersihan dan aset wisata yang ada tersebut, karena itu merukanan kekayaan daerah yang perlu dijaga untik menjadi sebuah gaya tarik untuk orang datang kedaerah ini, imbaunya.dkw